Rahasia Menjadi Kaya sebelum Usia 30

Kekayaan dan kesejahteraan menjadi dambaan bagi hampir seluruh umat manusia. Sebagian besar orang juga setuju bahwa hidup kaya dan sejahtera merupakan cita-cita hidup. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa beruntung untuk mendapatkan hidup yang dicita-citakan tersebut. Sejatinya kekayaan bukanlah sebuah anugerah. Kekayaan yang sejati merupakan sebuah usaha dan pemikirian yang brilian. Seseorang yang terlahir dari keluarga kaya belum tentu bahwa ia akan terus kaya raya hingga akhir hayatnya. Sebaliknya, seorang anak yang terlahir dalam keluarga yang serba berkekurangan bukan berarti bahwa ia akan terus hidup miskin hingga akhir tua. Sudah banyak orang sukses yang berhasil membuktikan bahwa dengan usaha yang giat dan ekstra mampu mengubah nasib hidup mereka. Disamping itu, tidak sedikit orang juga yang tidak bisa mempertahankan kekakyaan yang dimiliki sejak lahir hingga hari tua. Oleh karena itu, hidup merupakan suatu pilihan. Jika Anda ingin menjadi pribadi yang sukses dan kaya, pastikan bahwa langkah hidup yang dijalani merupakan sesuatu yang tepat dan terarah. Berikut ini, kami akan membuka rahasia menakjubkan untuk bisa menjadi seorang yang kaya sebelum usia 30.

  1. Kejarlah uang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengejar uang. Dimana ada uang di situ pasti ada peluang untuk sukses. Sebagai orang muda, penting bagi Anda untuk bisa dengan cermat melihat uang. Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar istilah “Don’t follow the money, let the money follow you”. Dari istilah tersebut bisa kita mengambil makna bahwa uang akan datang dengan sendirinya. Sekarang pertanyaannya, apakah hal tersebut logis? Penting bagi kita untuk bersikap dewasa jika ingin menjadi seseorang yang sukses. Rejeki memang sudah ada yang mengatur. Namun, tanpa adanya usaha yang nyata, rejeki yang kita terima tentu tidak akan memuaskan. Hanya dengan usaha keras dan pemikiran yang brilian kita bisa mendapatkan kekayaan. Usaha nyata adalah bentuk kita untuk mengejar uang. Kita semua perlu untuk menyadari bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil. Ini artinya, semakin besar usaha yang kita lakukan, semakin besar hasil yang kita dapatkan.

  1. Jangan pamer

Sebagian besar anak muda mengalami kesulitan untuk menahan keinginan untuk pamer. Perlu dipahami bahwa perilaku show off tersebut menjadi alasan kuat mengapa anak muda susah mendapatkan kekayaan. Bob Sadino sempat mengeluarkan pendapatnya mengenai kebiasaan orang untuk pamer. Beliau mengatakan bahwa,”orang yang benar-benar punya tidak akan bergaya.” Namun sayangnya, perilaku pamer sudah menjadi sebuah kebiasaan. Setiap mereka berhasil mendapatkan atau membeli barang baru, secara langsung mereka akan melakukan kebiasaan pamer seperti posting di jejaring social. Kebiasaan pamer hanya dilakukan oleh orrang yang mendekati kegagalan. Orang sukses tidak akan berpikir untuk pamer. Daripada harus show off, para orang sukses lebih fokus untuk melakukan show up, yang artinya meningkatkan etos kerja.

  1. Jangan menunda investasi

Kami yakin bahwa sebagian besar dari Anda sering menerima ajakan untuk berinvestasi. Investasi merupakan kebiasaan orang kaya. Hal yang perlu dicatat di sini adalah bukan berarti mereka bisa berinvestasi karena mereka adalah orang kaya. Hampir semua orang sukses telah melakukan investasi sejak mereka masih sangat muda. Bisa dikatakan bahwa kebiasaan berinvestasi tersebut telah dimulai sejak mereka belum kaya. Lebih hebatnya lagi, kebiasaan berinvestasi itulah yang berhasil membuat mereka menjadi orang sukses yang benar-benar kaya. Memang benar adanya jika investasi harus dimulai sejak dini. Hal tersebut beralasan mengingat bahwa semakin panjang durasi seseorang dalam berinvestasi, semakin banyak pula hasil yang didapatkan di masa yang akan datang.

Anggaplah investasi merupakan penghasilan tambahan karena hasil yang didapat sangatlah kecil. tetapi sejalan dengan detik jam berlalu, maka penghasilan dari investasi tersebut akan menjadi sangat besar.

  1. Tentukan goal yang besar

Goal yang besar bukanlah suatu yang mustahil. Semakin besar goal atau tujuan yang akan Anda raih, maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk hidup kaya. Sebuah goal yang besar tentu akan menghasilkan hasil yang lebih besar dibandingkan dengan goal yang biasa-biasa saja. Padahal, untuk menjadi sukses dan kaya diperlakukan goal atau hasil yang besar. Dan penting untuk kita sadari bahwa usaha kecil dan besar sama-sama memerlukan tenaga. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan usaha lebih demi mendapatkan goal atau tujuan yang besar. Selagi masih muda, tidak ada salahnya untuk selalu berusaha dan berjuang demi mendapatkan hasil yang besar. Percayalah bahwa anak muda seperti Anda memiliki tenaga yang besar dan pemikiran yang brilian untuk menghasilkan goal besar tersebut menjadi nyata.