10 PESEPAKBOLA TERKAYA YANG BERASAL DARI BENUA AFRIKA

Kini, sejumlah pemain berbakat yang berasal dari benua Afrika telah tersebar di seluruh Eropa, Amerika Serikat dan Asia. Faktanya mereka ini berprofesi sebagai atlet sepakbola dan menghasilkan uang untuk diri mereka sendiri.

Dan beberapa dari mereka ini bisa dikatakan telah mampu memupuk banyak kekayaan dari hasil jerih payahnya sebagai seorang atlet sepakbola. Dan berikut ini sudah saya sajikan artikel tentang 10 pesepakbola terkaya yang berasal dari Afrika, diantaranya adalah :

1. Samue Eto’o

Kekayaan bersih: US$ 202 juta

Samuel Eto’o Fils adalah pesepakbola Afrika yang paling menghiasi dunia sepakbola. Ia pernah dinobatkan sebagai African Player of the Year sebanyak 4 kali dan menjadi pemain Afrika pertama yang memenangkan 2 treble continental Eropa saat bersama Barcelona dan Inter Milan. Dalam karirnya, kapten Kamerun ini pernah bermain di sejumlah klub papan atas dunia seperti Real Madrid, Barcelona, Inter Milan, Chelsea, Anzhi Makhachkala dan Everton.

Samuel Eto’o pernah menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di dunia dengan mendapatkan gaji sebesar € 20 juta (setelah dipotong pajak) permusim dengan Anzhi Makhachkala dan memiliki bonus penawaran sponsor yang bernilai US$ 3 juta. Kekayaan bersih Samuel Eto’o kini mencapai US$ 202 juta sehingga menempatkan dirinya menjadi pesepakbola terkaya di benua Afrika.

2. Yaya Toure

Kekayaan bersih: US$ 170 juta

Kapten Pantai Gading sekaligus pemain Manchester City, Yaya Toure pernah memulai karir sepakbolanya di beberapa klub sepakbola seperti ASEC Mimosas (Pantai Gading), Beveren (Belgia), Metalurh Donetsk (Ukraina), Olympiakos (Yunani) dan AS Monaco (Perancis) sebelum bergabung dengan Barcelona tahun 2007.

Toure adalah salah satu pemain penting bagi Barca saat tim Catalans tersebut memenangkan enam trophi selama satu tahun pada 2009 silam. Pada tahun 2010, Manchester City mendatangkan Toure senilai £ 24 juta dan mendapatkan gaji senilai US$ 320,000 seminggu. Toure juga mendapatkan penawaran bonus sponsor senilai US$ 2,5 juta pertahun dan bonus tambahan senilai US$ 1,3 juta jikalau The Citizens berhasil menembus Liga Champions. Kini kekayaan bersihnya senilai US$ 170 juta dan membuatnya menjadi salah satu pesepakbola terkaya di benua Afrika.

3. Didier Drogba

Kekayaan bersih: US$ 155 juta

Didier Drogba mendarat ke Stamford Bridge pada bulan Juli 2004 dari Marseille dan dibeli seharga £ 24 juta. Ia merupakan salah satu pesepakbola terbesar The Blues, terutama keberhasilannya saat membawa Chelsea memenangkan Liga Champions 2012. Didier Drogba dipanggil untuk membela timnas Pantai Gading pada tahun 2002 saat melawan Afrika Selatan dan pada ajang Piala Dunia 2006, ia dipercaya menjadi kapten. Dan tentu saja Drogba merupakan salah satu pemain terkaya di benua Afrika.

Dia meninggalkan Chelsea dan berlabuh ke klub Cina Shanghai Shenhua serta mendapatkan gaji £ 200.000 seminggu. Pada tahun 2013, Drogba bergabung ke Galatasaray dan mendapatkan biaya kontak senilai € 4 juta serta bonus senilai € 15.000/pertandingan. Pemain yang berusia 37 tahun ini mendapat sponsor dari Nike, Pepsi, Samsung dan Orange France sehingga Drogba mempunyai kekayaan bersih senilai US$ 155 juta.

4. Austin Jay Jay Okocha

Kekayaan bersih: US$ 150 juta

Jay Jay Okocha adalah salah satu pesepakbola Afrika terbaik yang pernah menghiasi dunia sepakbola. Ia mempunyai keterampilan, teknik dan langkah yang baik dalam mengontrol bola. Selama 20 tahun meniti karirnya sebagai pesepakbola, ia telah bermain di sejumlah klub papan atas seperti di negara Jerman, Turki, Inggris dan Qatar. Okocha memutuskan untuk pensiun pada tahun 2006 setelah gagal membawa Nigeria untuk lolos ke Piala Dunia.

Tidak banyak yang tahu jikalau Okocha adalah seorang pengusaha di Nigeria dan merupakan salah satu maestro bisnis terbesar di negara asalnya. Ia juga membangun tempat relaksasi yang disebut ‘CLUB 10’ dan memiliki merchandise bernama ‘Jay Jay Okocha Group West Africa Limited’. Selain itu, ia juga terjun ke bidang bisnis properti, konstruksi jalan, penjualan dan distribusi elektronik serta sebagai pelatih sepakbola. Total kekayaan bersihnya mencapai US$ 150 juta.

5. Nwankwo Kanu

Kekayaan bersih: US$ 104 juta

Karir Nwankwo Kanu sebagai pesepakbola terbilang sukses selama 20 tahun bersama klub-klub papan atas Eropa seperti Ajax, Inter Milan, Arsenal, West Brom dan Portsmouth. Ia menyatakan pensiun dari dunia sepakbola pada tahun 2012. Selain dikenal sebagai pesepakbola, mantan striker jangkung ini juga membuat investasi yang bijak di Real Estate, perhotelan, minyak dan gas, dan lain-lain.

Ia juga mempunyai hotel di Pulau Victoria yang disebut Hardley Apartments yang menelan biaya pembangunan sebesar US$ 5 juta. Selain itu Kanu juga mempunyai 3 unit rumah mewah di Park View, Ikoyi dan mendirikan Kanu Heart Foundation. Tahun lalu, kekayaan bersih Kanu mencapai US$ 104 juta.

6. Michael Essien

Kekayaan bersih: US$ 70 juta

Michael Essien adalah gelandang serbaguna yang begitu dikenal lantaran memiliki kemampuan untuk mendukung permainan menjadi offensive dan defensive bagi timnya, Chelsea. Pihak Chelsea mendaratkan Essien ke Stamford Bridge dari Lyon seharga US$ 38 juta. Gelandang kelahiran Ghana ini memperoleh gaji senilai US$ 110.000 seminggu di Chelsea dan memiliki penawaran sponsor seperti kelompok telekomunikasi Afrika MTN, Samsung dan Pepsi. Dikabarkan Essien juga memiliki sejumlah investasi di Ghana dan beberapa negara Afrika lainnya.

7. Emmanuel Adebayor

Kekayaan bersih: US$ 57 juta

Ia dijuluki dengan Baby Kany saat berseragam Arsenal. Adebayor pernah membela beberapa klub seperti Metz, Monaco, Real Madrid serta Manchester City dan kini, ia membela Tottenham Hotspur. Saat menjadi striker The Citizens, ia mendapat gaji mingguan senilai US$ 274.000. Kapten Togo ini pernah memenangkan penghargaan BBC African Footballer of the Year 2007 dan Africa Footballer of the Year Award 2008 sehingga membuatnya menjadi pesepakbola Togo pertama yang berhasil memenangkan beberapa penghargaan bergengsi. Adebayor memiliki kekayaan bersih senilai US$ 57 juta.

8. John Obi Mikel

Kekayaan bersih: US$ 50 juta

Ia lahir dengan nama John Michael Nchekwube Obinna. Pada tahun 2003 silam, Nigerian Football Association pernah keliru dalam menuliskan namanya ‘Mikel’, mereka malah menulis ‘Michael’ pada baju seragamnya dalam ajang turnamen sepakbola di Finlandia. Pada tahun 2005, Mikel bergabung dengan Chelsea.

 border=

Mikel mendapatkan US$ 120.000/minggu dan belum termasuk bonus sponsor serta bonus kala berpartisipasi dalam ajang Liga Champions. Sponsor yang menggaet Mikel adalah Pepsi, Samsung dan Amstel Malta. Mikel kini memiliki kekayaan bersih senilai US$ 50 juta.

9. Kolo Toure

Kekayaan bersih: US$ 43 juta

Kolo Toure adalah pesepakbola asal Pantai Gading yang sebelumnya pernah memiliki kekayaan bersih US$ 10.500.000 saat membela klub sepakbola Pantai Gading, ASEC Mimosas. Ia pun akhirnya hijrah ke Arsenal pada tahun 2002 dan menjadi bagian inti saat Arsenal membuat rekor ‘The Invisible’ pada musim 2003/04. Setelah 7 musim membela The Gunners, ia pun hengkang ke Manchester City dan diberikan gaji US$ 190.000/minggu. Kolo Toure kini bermain untuk Liverpool dan mendapat kesepakatan dari pihak Adidas.

10. Sulley Muntari

Kekayaan bersih: US$ 40 juta

Perjalanan pesepakbola asal Ghana, Sulley Muntari dimulai saat dirinya pertama kali muncul dalam ajang turnamen sepakbola remaja dan membela tim Ghana U20. Muntari pernah bermain di sejumlah klub sepakbola Eropa sebelum akhirnya bergabung dengan salah satu klub di Liga Arab, Ittihad FC pada tahun 2015 dan mendapat kontrak selama 2 tahun senilai € 6 juta. Kini Muntari mempunyai kekayaan bersih senilai US$ 40 juta.